Informasi Test Drive dan Promo Mobil Toyota Hubungi Heri Sucahyo - Sales Executive - 085226172668
Menu
Model
Beranda » News » [Video Review] Proses Produksi Mesin Toyota 4 Silinder dan 8 Silinder

[Video Review] Proses Produksi Mesin Toyota 4 Silinder dan 8 Silinder

Dipublish pada 22 March 2018 | Dilihat sebanyak 651 kali | Kategori: News

Mesin 4 Silinder

Mesin 4 silinder segaris adalah mesin pembakaran dalam dengan keempat silindernya terpasang mendatar satu arah di dalam bak mesin. Silindernya bisa diletakkan mendatar atau miring terhadap poros mesin.

Mesin ini sangat umum dipakai pada mobil dengan kapasitas mesin kecil karena konstruksinya mudah. Meskipun demikian, tipe mesin seperti ini juga menimbulkan getaran, dan getarannya semakin parah ketika kapasitas dan kekuatan mesinnya bertambah. Oleh karena itu, mobil bertenaga tinggi menggunakan mesin yang lebih kompleks dan menggunakan lebih dari 4 silinder.

Belakangan ini, semua pabrikan mobil besar memproduksi mesin jenis ini. Mesin ini sendiri adalah jenis mesin paling populer, diikuti dengan V6. Sekitar tahun 2000-an, seiring dengan gencarnya pabrikan untuk membuat mobil ramah lingkungan, penggunaan mesin ini meningkat dari 30% pada tahun 2005 menjadi 47% tahun 2008.

Mesin 8 Silinder

Mesin V8 adalah sebuah Mesin V dengan delapan silindernya dipasang di bak mesin dengan 2 cabang dan masing-masing cabangnya terdiri dari 4 silinder. Antar cabang ini dipasang membentuk sudut istimewa satu sama lain tetapi kadang dipasang dengan sudut lebih lancip. Kedelapan pistonnya menjalankan crankshaft biasa (sama dengan mesin lainnya).

Simpelnya, mesin ini merupakan 2 buah mesin 4 segaris biasa yang menjalankan crankshaft bersama. Karena konfigurasinya yang simpel, mesin ini juga memiliki masalah keseimbangan mesin (engine balance) yang sama dengan mesin 4 segaris, yang dapat menyebabkan getaran pada kapasitas yang lebih besar. Mesin ini bisa menghasilkan tingkat kehalusan lebih baik daripada V6 tetapi dengan biaya lebih murah dari V12. Banyak Mobil balap terkenal tetap menggunakan single plane crankshaft karena menghasilkan akselerasi yang baik dan desain sistem pembuangan yang lebih efisien.

Sumber: Wikipedia

Berikut ini adalah video review proses produksi mesin 4 dan 8 silinder pada toyota:

Sumber: Car TV

 

Tags: ,

Bagikan informasi tentang [Video Review] Proses Produksi Mesin Toyota 4 Silinder dan 8 Silinder kepada teman atau kerabat Anda.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya

Cara Ampuh Atasi Mabuk Kendaraan yang Menjengkelkan

Dipublish pada 29 January 2018 | Dilihat sebanyak 283 kali | Kategori: News

Liburan keluarga adalah momen yang sering kita tunggu, karena mungkin jarang satu keluarga berkumpul untuk liburan dan berpergian bersama-sama dalam satu kendaraan. Hanya saja, tak sedikit dari orang di sekitar kita, kerap mengalami mabuk saat melakukan perjalanan menggunakan kendaraan. Tentu saja jika... selengkapnya

Toyota Meluncurkan Fitur Apple CarPlay

Dipublish pada 30 January 2018 | Dilihat sebanyak 216 kali | Kategori: International, News

Setelah bertahun-tahun bertahan di antara produsen otomotif utama dalam mengadopsi perangkat lunak integrasi smartphone seperti Apple CarPlay, Toyota secara diam-diam memperkenalkan fitur pada sedan Avalon yang didesain ulang di pameran mobil Detroit minggu lalu. Pergeseran besar Toyota tidak menghasilkan siaran... selengkapnya

Toyota Avanza, Mobil Terlaris Di Indonesia

Dipublish pada 24 January 2018 | Dilihat sebanyak 220 kali | Kategori: Motorsport, News

SECARA umum, penjualan mobil di Indonesia masih didominasi merek-merek eks Jepang. Merek-merek sekelas, Toyota, Honda, Daihatsu, Suzuki, dan Mitsubishi menjadi merek mobil yang tetap banyak diminati. Berdasarkan data yang disarikan dari Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), hingga November 2017... selengkapnya